Tradisi Upacara rebutan di klenteng welahan



        Bertempat di Klenteng Hok Tik Tjin Sien atau kelenteng dewa bumi Welahan, Rabu (31/08/2016) telah dilakukan upacara sembahyangan King Hoo Ping atau yang lebih dikenal sebagai upacara Rebutan atau Ulambana. Tujuannya mendoakan arwah-arwah yang tidak dirawat dan disembahyangi oleh anggota keluarganya. Doa bersama ini juga dimaksudkan untuk mendoakan dan memintakan pengampunan segala dosa yang arwahnya tidak dirawat oleh anggota keluarganya.

            Menurut pengurus Klenteng, Sugandi, acara sembahyangan rebutan ini merupakan tradisi turun temurun yang telah dilakukan. Harapannya dari kegiatan ini muncul kesadaran dari umat untk memberikan perhatian kepada leluhur yang sudah meninggal dunia.

            Sementara Wakil Bupati Jepara Subroto, yang hadir dalam kesempatan tersebut memberikan apresiasi terhadap upaya yang dilakukan oleh pengurus klenteng untuk "nguri-uri tradisi yang turun menurun, ini merupakan kearifan budaya yang harus terus kita lestarikan." ujar Subroto.

     
      Acara tersebut diawali dengan sembahyang arwah dan diakhiri dengan rebutan berbagai macam barang yang diletakkan diatas panggung dan diikatkan di dahan pohon di depan kelenteng. Ratusan warga sekitar dengan senang memperebutkan barang barang yang telah disiapkan panitia. Kemudian dilakukan pembagian beras sebanyak 2000 paket kepada keluarga yang tidak mampu dari desa Welahan dan sekitarnya.
Share on Google Plus

About Unknown

Situs portal informasi seputar kota Jepara.Informasi Hari ini tentang Jepara

0 comments:

Post a Comment