Arsipda kab. Jepara 6 besar nasional


        JEPARA - Setelah menjadi juara I tingkat Provinsi Jawa Tengah dalam Lomba Kearsipan Daerah (LKD), kini Kabupaten Jepara berhasil masuk nominasi enam besar Tingkat Nasional. Demikian diungkapkan dalam wawancara bersama Kepala Kantor Arsip Daerah (Arsipda) Kabupaten Jepara Nurkowan, S.Sos, MM, Senin (08/08/2016) di ruang kerjanya.
“Pengelolaan kearsipan di Kantor Arsip Daerah Kabupaten Jepara menembus ke tingkat nasional. Setelah menjadi juara I tingkat Provinsi Jawa Tengah dalam lomba Lembaga Kearsipan Daerah (LKD), kini Kabupaten Jepara berhasil masuk nominasi enam besar tingkat nasional.” Ungkapnya.
            Prestasi ini melengkapi sejumlah prestasi bidang kearsipan yang diraih dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir ini. Diantaranya tahun 2013 Juara I tingkat provinsi, 2015 Juara II tingkat provinsi dan di tahun 2016 ini juara I tingkat provinsi dan maju sebagai wakil Jawa Tengah ke tingkat Nasional. Selain itu, juga pernah meraih prestasi dalam lomba tertib administrasi desa terbukti sudah 4 kali mendapatkan juara 1 di tingkat provinsi. Lomba LKD merupakan salah satu perlombaan dari beberapa lomba yang dilaksanakan secara rutin tiap tahun. Untuk lomba tersebut meliputi antara lain pengelolaan, penataan dan penyimpanan arsip ataupun surat aktif atau non aktif, kebijakan dan novasi atau terobosan yang telah dilakukan Kantor Arsipda Kab. Jepara
"Setelah masuk enam besar provinsi dan jadi juara I, kini masuk enam besar nasional mewakili Jawa Tengah, bersama dengan kabupaten kota lainnya, diantaranya Kabupaten Bogor, Kabupaten Probolinggo, Kota Jogyakarta, Kota Pangkal Pinang dan Kota Payakumbuh.” Ungkap Nurkowan.
            Hal tersebut menguatkan bahwa Keberhasilan Kabupaten Jepara dalam penataan dan pengelolaan kearsipan daerah memang tidak diragukan lagi. Hal tersebut terbukti beberapa penghargaan dan prestasi terkait lomba tertib arsip desa tingkat provinsi Jawa Tengah, Jepara tiap tahunnya selalu menjadi juara, dimulai tahun 2010 Desa Pecangaan Kulon Kecamatan Pecangaan menjadi Juara I tingkat provinsi, 2011 Desa Krapyak Kecamatan Tahunan juara II ditingkat provinsi, Desa Kepuk Kecamatan Bangsri tahun 2012 menjadi juara II tingkat provinsi, pada tahun 2013 kembali meraih juara I di tingkat provinsi yaitu Desa Tulakan Kecamatan Donorojo, di tahun 2014 giliran Desa Langon Kecamatan Tahunan mendapat juara II tingkat provinsi, pada tahun kemarin Desa Ngabul Kecamatan Tahunan mendapat juara I di tingkat provinsi dan pada tahun ini 2016 kembali menjadi terbaik pertama lomba tertib arsip desa tingkat provinsi Jawa Tengah yaitu Desa Tubanan Kecamatan Kemabang. dimana penganugerahannya juga akan diterimakan bersamaan dengan Lomba LKD besuk tanggal 15 Agustus 2016 di Lapangan Pancasila Simpang Lima Semarang, tepatnya bertepatan pada Hari Jadi Provinsi Jawa Tengah ke-66 tahun 2016.
HUT RI
            Moment peringatan Hari kemerdekaan RI ke-71 terbilang istimewa bagi Pemerintah Kabupaten Jepara. Pasalnya pada peringatan tahun ini sejumlah prestasi nasional berhasil ditorehkan daerah Bumi Kartini ini. Bahkan beberapa diantaranya, mendapat undangan resmi dari presiden RI Ir. H. Joko Widodo untuk mengikuti upcara peringatan detik-detik proklamasi RI ke-7 di Istana Merdeka, Jakarta. Anugerah Kearsipan Nasional tahun 2016 yang akan dianugerahkan tepat pada hari Kemerdekaan RI (17/08/2016), malam yang bertempat di Istana Bogor
            Ini merupakan penghargaan yang diberikan Arsip Nasional Repubik Indonesia (ANRI) setiap tahun. Penghargaan yang diberikan ANRI tersebut untuk memotivasi dan mendorong lembaga arsip agar melaksanakan tata kelola yang maksimal. Anugerah bidang kearsipan diberikan kepada unit kearsipan seperti LKD, Lembaga Kearsipan Perguruan Tinggi (LKPT), kementerian/non-kementerian, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), arsiparis, dan pengelola arsip yang berprestasi.
            Dalam penilai yang telah dilakukan pihak ANRI yaitu meliputi quisioner, verifikasi kepada arsiparis dan staf serta pimpinan di Kantor Arsipda. Sedangkan penilaian ini, meliputi aspek kebijakan, pembinaan, pengelolaan arsip dinamis, program arsip vital, pengelolaan arsip statis dan Sumber Daya Manusia (SDM) dibidang karsipan serta terakhir dengan penyampaian presentasi dari masing masing nominator. Dalam penilaian kearsipan ini, juga menilai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) binaan kantor Arsipda.
            Nurkowan, S.Sos, MM didampingi kasi Pembinaan Kearsipan Kris Setyo Handayani, SH. MH mengatakan, “Susksesnya Kantor Arsipda Kab. Jepara di bidang Arsip sebagai nominator pemilihan LKD terbaik nasional di tahun 2016 ini masuk nominasi enam besar kabupaten/kota dan berhak menjadi juara pada lomba kearsipan tahun ini.”
            Apa yang membuat optimisme tersebut adalah informasi semua lini dari tingkat juri di Jepara, juri tingkat pusat sampai tingkat oprasional staff pusat saat dihubungi untuk menayakan hasil menginformasikan positif semua hal tersebut, diperkuat pada saat presentasi, dari ketua tim juri mengatakan bahwa Jepara baik dan posisinya masih di atas. (HMS/*AchPr)
Share on Google Plus

About Unknown

Situs portal informasi seputar kota Jepara.Informasi Hari ini tentang Jepara

0 comments:

Post a Comment