Tambak Percontohan Gairahkan Budidaya Bandeng di Jepara


           
 DONOROJO - Kelompok Tani Pembudidaya Ikan (POKDAKAN) Tanggul Penangkis. Selasa (09/08/2016) dalam acara Penyerahan Sarana Produksi (SAPRODI) budidaya ikan bandeng program denfarm tahun 2016 di Dukuh Grobogan RT.04 RW. 03 Desa Ujungwatu Kecamatan Donorojo Kabupaten Jepara, menerima bantuan saprodi budidaya bandeng  dari Ditjen Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan RI melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DISLUTKAN) Kab. Jepara, bantuan tersebut secara simbolis diserahkan oleh Wakil Bupati Jepara Dr. H. Subroto, SE, MM.
            Kegiatan pengembangan budidaya ikan ditambak percontohan, diawali dengan penebaran benih bandeng (nener) secara simbolis sejumlah 100 ekor benih bandeng (nener) oleh Wakil Bupati Jepara Dr. H. Subroto, SE, MM dengan didampingi Kepala Dislutkan Kab. Jepara, Kapolsek Donorojo, Camat Donorojo, Petinggi Desa Ujungwatu, Pokdakan Tanggul Penangkis, Peserta KKL Undip dan warga desa setempat dilahan milik Pokdakan Tanggul Penangkis seluas 7 Ha. Acara tersebut dihadiri 100 orang tamu undangan.
            Pokdakan Tanggul Penangkis adalah salah satu dari 5 Pokdakan yang terdapat di Desa Ujungwatu. Kecamatan Donorojo memiliki total luas tambak seluas 307,50Ha yang tersebar di 3 Desa di Kecamatan Donorojo diantaranya Bandungharjo 2,00Ha, Clering 81,25Ha dan Ujungwatu 224,25Ha, Pokdakan Tanggul Penangkis Desa Ujungwatu yang memiliki luas tambak 22,50 Ha tersebut beranggotakan 17 anggota. Desa Ujungwatu telah dapat memproduksi dengan capaian hasil ditahun 2015 hasil perikanan darat ikan bandeng dapat memproduksi 485.300Kg atau senilai Rp.6.308.900.000,-.
            Wakil Bupati Jepara, Subroto pada kesempatan tersebut meminta keseriusan dari kelompok tani ikan untuk terus mengembangkan produksi perikanan di Donorojo terutama Desa Ujungwatu.Bantuan yang diterimakan yaitu berupaGelondongan Bandeng sejumlah 49.000ekor, Pakan Bandeng 23.800Kg, Enzym 6 Kg, Pupuk 140 Kg, Solar 350 Liter, Persiapan Lahan sebanyak 7paket, Peralatan Biosecurity 7paket, Saponin sejumlah 7Kg, 1 Paket Peralatan Panen, Bahan Produksi lainnya sejumlah 7paket, 4 unit Mesin Pompa Air dan Peralatan Kualitas Air sebanyak 3paket. “Kita baru saja mendapatkan bantuan sarana produksi perikanan, bantuan tersebut merupakan sarana bagi kita untuk terus meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi perikanan,” kata Wabup Subroto.
            Peningkatan produksi lanjut Wabup Subroto nantinya akan bermuara kepada kesejahteraan petani ikan dan masyarakat Jepara pada umumnya. “Perikanan di Jepara sangat berpotensi, dukungan pengairan yang bagus merupakan modal untuk meningkatkan kualitas produksi perikanan, “Pungkas Wabup Subroto.
            Selain penyerahan bantuan saprodi budidaya bandeng Wabup Subroto juga memberikan bantuan bibit buah kelengkeng jenis unggul kepada pokdakan dan warga desa setempat hal tersebut merupakan hobinya akan kecintaannya terhadap lingkungan hidup sejak tahun 1995 pada saat penanaman pohon kembali pohon mangrove di Kecamatan Kedung dan 2013 saat menjabat sebagai Wakil Bupati Jepara. (HMS/*AchPr)
Share on Google Plus

About Unknown

Situs portal informasi seputar kota Jepara.Informasi Hari ini tentang Jepara

0 comments:

Post a Comment