Bazar Kerajinan & Makanan Khas TP PKK Kedungcino Meriahkan HUT Ke-71 Kemerdekaan RI



            JEPARA, Kedungcino – Pemerintah Desa Kedungcino dan Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) / (TP-PKK) beserta Karang Taruna Pandan Sari Desa Kedungcino memberi warna lain perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-71 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) dengan menggelar bazar dan pameran  hasil-hasil produksi kerajinan baik barang olahan limbah yang memunyai nilai jual maupun makanan khas Jepara, minggu (21/08/2016) di Halaman Kantor Petinggi Desa Kedungcino.

            Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Jepara, Petinggi dan perangkat Desa Kedungcino, Ketua dan pengurus Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kedungcino, Ketua dan pengurus Lembaga Ketahanan Masyarakat Desa (LKMD) Kedungcino serta Ketua dan pengurus TP-PKK Desa Kedungcino.

            Petinggi Desa Kedungcino, Hasyim, mengatakan, kegiatan ini pertama kalinya dimasukkan dalam rangkaian agenda perayaan HUT Kemerdekaan RI, dengan memamerkan hasil-hasil Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) dari masing-masing PKK RT se-Desa Kedungcino.

" Di sini dipamerkan mulai produk kerajinan tangan, seperti hiasan dinding, lampion, souvenir, dan produk olahan limbah lain yang mempunyai nilai jual. Ada juga bazaar produk holtikultura organik seperti sayur mayur, cabe, kangkung dan lain-lain, serta olahan masakan khas Jepara yang memiliki nilai gizi serta citarasa yang khas dan tanpa bahan pengawet tentunya" kata Hasyim saat menyampaikan laporan dalam pembukaan bazar.

            Sebagai mitra pemerintah, TP PKK tidak diragukan lagi perannya dalam mendukung pembangunan daerah, terutama dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga dan kesejahteraan masyarakat pada umumnya. Dengan begitu melalui kegiatan yang kedepan akan menjadi agendakan rutin ini, pihaknya berharap agar produk-produk hasil olahan kader-kader PKK lebih dikenal, sehingga dapat membangkitkan tumbuh kembang warga RT dari PKK masing-masing dalam hal ini ibu rumah agar bisa meningkatkan ekonomi keluarga dengan menciptakan industri rumah tangga. Tambahnya.

            Ditambahkannya juga, kegiatan bazar ini terdapat 16 stand bazar dari 15 RT se Desa Kedungcino dan 1 stand bazar dari Desa Kedungcino, Sedianya Bazar ini digelar selama sehari yaitu hari ini saja, namun melihat minat warga yang datang berbelanja dan berpartisipasi, pihaknya akan mengagendakan kembali kegiatan semacam ini, pungkasnya.

            Sementara itu, Wakil Bupati Jepara periode 2012-2017, Subroto yang berkesempatan membuka secara resmi Bazar tersebut merasa bangga dengan berbagai materi yang dipamerkan dalam bazar tersebut. Karena pada umumnya merupakan hasil produk usaha kecil mikro dan menengah (UMKM) dari desa setempat. “Alhamdulilah seluruh bazar tampil dengan baik. Lebih-lebih melihat materi yang ditampilkan merupakan produk UMKM. Kami (Pemerintah Daerah Kabupaten Jepara) berharap, produk-produk UMKM seperti ini terus ditampilkan pada kegiatan serupa. Baik di tingkat desa, kecamatan, kabupaten, maupun provinsi,” jelas Wakil Bupati Jepara Subroto usai peninjauan.

            Subroto juga Memberikan apresiasi kepada warga masyarakat Desa Kedungcino yang memiliki keinginan kuat menjadikan desanya menjadi sentra produksi berbasis potensi lokal seperti limbah, kuliner dan hasil kerajinan lainnya. Hal ini bukti bahwa kreativitas dan inovasi masyarakat Jepara sungguh luar biasa, terlebih dalam mewarnai dan memeriahkan HUT Ke-71 Kemerdekaan RI. “Saya juga meminta TP PKK Desa kedungcino agar dapat dengan aktif menjalankan semua program-program pokok PKK, terutama yang erat kaitannya dengan perekonomian rumah tangga, ungkapnya.

            Dikatakan Subroto, Tim Penggerak PKK Desa khususnya, memiliki peran aktif dalam mendorong pertumbuhan ekonomi keluarga, khususnya kelompok ibu-ibu rumah tangga yang kreatif dan memiliki inovasi yang potensial dalam mendongkrak kegiatan-kegiatan baik dalam ben
Share on Google Plus

About Unknown

Situs portal informasi seputar kota Jepara.Informasi Hari ini tentang Jepara

0 comments:

Post a Comment