Ribuan Siswa di Jepara ikuti lomba Gerak Jalan HUT RI

       
JEPARA – Sebanyak 1.518 orang anak peserta didik Sekolah Dasar (SD) atau sederajat harus menempuh jarak 5Km dengan berjalan kaki. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk kecintaannya terhadap Indonesia. Peserta terdiri dari 858 siswi SD/sederajat dan 660 siswa SD/sederajat. 1.518 siswa siswa tersebut berkumpul di seputaran alun-alun dan halaman Sekretariat Daerah (setda) Kab. Jepara untuk memulai termpuh jarak 5Km, rabu (10/08/2016). Kegiatan tersebut dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-71, Pemerintah Kabupaten Jepara melalui panitia peringatan HUT RI ke-71 Kemerdekaan RI Tahun 2016 menggelar lomba gerak jalan pelajar yang diikuti ribuan pelajar se-Kabupaten Jepara mulai dari tingkat SD/sederajat jarak tempuh 5Km yang dilaksanakan rabu (10/08), SMP/sederajat jarak tempuh 8Km dan SMA/sederajat dengan jarak tempuh 12Km yang akan dilaksanakan kamis (11/08).

            Gerak jalan tingkat SD sederajat ini menggambil start dihalaman Sekretariat Daerah Kab. Jepara para peserta ini kemudian melakukan gerak jalan mengikuti rute ke jalan Kartini kearah selatan belok kanan di Tugu Garuda jalan Diponegoro belok kanan Kelenteng Hok Tek Tong menuju selatan jalan Veteran lurus kearah jalan A.R Hakim belok kiri Simpang Ruwet jalan H.O.S Cokroaminoto menuju Tugu Kartini lurus pada jalan Pemuda belok kiri atau arah utara di jalan M.H Thamrin sampai tiba di Jalan Brigjen Katamso dan finish kembali di halaman Setda.

            Panitia HUT RI Ke-71 Tahun 2016, melalui Koordinator Lomba Gerak Jalan Haryanto, S.I.P M.Acc, mengatakan, lomba gerak jalan ini dibagi menjadi dua tahap. Yakni tahap pertama diikuti oleh tingkat Sekolah Dasar baik negeri dan swasata, lalu tahap kedua akan dimulai hari ini (11/08) yang diikuti peserta tingkat SMP sederajat dan SMA sederajat. “Ada 69 regu dengan masing masing regu terdiri dari 22 siswa dengan total 1.518 siswa peserta yang terlibat dalam lomba gerak jalan tingkat SD/sedrajat,” kata Haryanto.

Ribuan peserta ini akan dinilai oleh tim juri sebanyak 20 orang dari Disdikpora dengan beberapa kriteria khusus. Yang menjadi penilaian utama adalah waktu tempuh regu, kerapian, keutuhan dan keseragaman sampai ke garis finish. “Jadi bukan kerapian saja, waktu juga dinilai dan kekompakan. Peserta tidak boleh diganti, kalau diganti mereka dikurangi nilainya,” pungkasya.

            Wakil Bupati Jepara, Dr. H. Subroto, SE, MM saat sambutan pelepasan gerak jalan, mengatakan, selain memeriahkan HUT RI, lomba ini dimaksudkan untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme di kalangan pelajar. Ia juga berharap, kegiatan ini selain untuk mewujudkan generasi muda yang sehat baik jasmani maupun rohani, juga sebagai salah satu wadah untuk mengenang kembali jasa para pahlawan dalam merebut kemerdekaan. “ Kami harap sosok pahlawan yang berjuang merebut kemerdekaan, bisa menjadi inspirasi bagi gemerasi muda kita dalam mengisi pembangunan di Jepara,” imbuhnya.

melalui gerak jalan siswa diharap dapat menumbuhkan generasi muda yang sehat sehingga mampu untuk berpartisipasi dalam generasi bangsa. “Generasi muda merupakan pewaris nilai-nilai luhur bangsa, serta penerus cita-cita perjuangan bangsa. Untuk dapat mewujudkan generasi muda yang sehat jasmani dan rohani yang nantinya dapat mewujudkan budaya “Ayo Kerja” dan salah satunya melalui gerak jalan ini,” pungkasnya.

            Pemenang gerak jalan tingkat SD sederajat, Putri Juara 1 SD Negeri 2 Kancilan, Juara II SD Negeri Al-Islam Jepara dan Juara III SD Negeri 4 Panggang Jepara. Sedangkan untuk juara gerak jalan tingkat SD sedrajat putra, juara I  SD Negeri 2 Bucu Kembang, Juara II SD Negeri 2 Bandungrejo Kalinyamatan dan untuk juara III diraih SD Negeri 2 Bategede Nalumsari. Selanjutnya Pemenang Juara lomba akan mendapatkan tropy, piagam dan uang yang akan diberikan kepada masing-masing regu yang menjadi juara bersamaan dengan pemenang lomba lainnya, pada acara resepsi HUT Kemerdekaan RI (18/08) di Pendapa Kab. Jepara  (HMS/*AchPr)

Share on Google Plus

About Unknown

Situs portal informasi seputar kota Jepara.Informasi Hari ini tentang Jepara

1 comments: