Pure di Jepara ini Mirip Bali




Jepara- Di wisata desa plajan kecamatan pakis aji jepara selain terkenal dengan gong perdamaian dunia, wisata akar seribu ,wisata goa sakti , di desa ini juga ada ada pure yang mirip di bali.
.
Menutut salah satu pengurus pure . Pure tempat peribadatan agama hindu ini sudah ada atau di bangun sejak sekitar tahun 60an . Di desa plajan sendiri ada empat pure yaitu di barat pasar swalow, di dukuh dampak dan di dua dukuh lainnya. Pure di plajan memang mirip dengan bali karena memang ornamen-ornamen dan ukir-ukiranya di ambilkan langsung dari bali.
.
Pure ini masih aktif di gunakan untuk tempat sembayang bagi masyarakat agama hindu. Dan juga hari-hari besar seperti upacara ritual nyepi dan ritual galungan. Di desa plajan sendiri masih banyak warganya yg memeluk agama hindu yaitu sekitar seribu lebih warganya yg memeluk hindu. Meski hidup berdampingan dengan agama lain seperti islam , namun keru
kunan antar umat beragama masih sangat terjaga.
.
Meski bukan tempat wisata namun banyak warga dan wisatawan yg berkunjung kesana mulai dari warga yg sekedar foto-foto, pelajar yg studi budaya dan sejarah hingga wisatawan asing . Karena bukan tempat wisata dan merupakan tempat yg suci bagi umat hindu. warga yg ingin berkunjung ke pure tersebut di wajibkan lapor ke pengurus pure . Juga ada pantanganya bagi pengunjung khususnya perempuan tidak di perbolehkan masuk saat sedang datang bulan karena pure tersebut merupakan tempat suci bagi umat hindu.
Untuk yang ingin berkunjung ke pure ini lokasinya ada di desa plajan kecamatan pakis aji jepara atau sekitar 1 km dari gong perdamaian dunia atau kalau dari pasar swalow pertigàan ke barat sekitar 500 meter sampai lokasi



Share on Google Plus

About Unknown

Situs portal informasi seputar kota Jepara.Informasi Hari ini tentang Jepara

0 comments:

Post a Comment