Ribun warga arak gunungan, di festival tumpeng desa lebak



Ribuan warga  desa lebak kecamatan pakis aji jepara memadati jalan Desa Lebak untuk menyaksikan festival tumpeng dan gunungan, Selasa (13-09-2016) siang. Acara arak-arakan tumpeng gunungan tersebut dalam rangka rangkaian acara sedekah bumi desa lebak

Petinggi desa lebak M sodik mengatakan Setiap desa memiliki tradisinya sendiri, Desa Lebak Kecamatan Pakis Aji ini misalnya, memiliki tradisi festival tumpeng dan gunungan untuk memeriahkan sedekah bumi. Tradisi sedekah bumi ini merupakan acara tahunan, yang digelar sebagai bentuk rasa syukur atas melimpahnya hasil bumi dan sebagai ajang silaturahim sesama warga.

Tumpeng dan gunungan hasil pertanian diyakini merupakan selamatan tolak bala dan menghindarkan dari segala bencana dan sumber penyakit. “Kalau ritual itu ditinggalkan, maka akan berdampak buruk kepada masyarakat Desa Lebak, sehingga warga Lebak menjaga tradisi itu hingga turun temurun,” kata M Sodiq, Petinggi Lebak.

Dalam festival tumpeng tersebut sejumlah 30 kelompok warga membawa tumpeng dan gunungan diarak dari Kantor Kecamatan menuju Balai Desa lebak.
Share on Google Plus

About Unknown

Situs portal informasi seputar kota Jepara.Informasi Hari ini tentang Jepara

0 comments:

Post a Comment